PERALATAN LAUNDRY

Tak hanya untuk umat Muslim saja, lebaran juga menjadi momen bahagia bagi karyawan karena menerima THR (Tunjangan Hari Raya). Di sisi lain, dalam dunia kerja, momen ini juga sering menjadi momen untuk mengawali hal-hal yang baru, termasuk mencari pekerjaan dan karir baru. Banayk sekali konsumen kami yang bercerita kalua setelah lebaran biasanya ada pekerja yang resign atau mencari pekerjaan baru.

Owner laundry perlu memiliki strategi untuk mencegah perpindahan karyawan supaya tidak kehilangan pegawai terbaiknya.

1. Tawarkan gaji yang kompetitif

Salah satu alasan karyawan laundry resign adalah gaji yang kurang kompetitif. karyawan sudah sangat mudah untuk mendapatkan informasi terkait upah atau gaji di satu laundry dan laundry yang lain. Mereka bisa mendapatkan informasi tersebut dari media sosial & info lowongan pekerjaan. Jadi, para pekerja bisa membandingkan upah rata-rata dengan rekan-rekan seprofesinya.

Maka dari itu, laundry owner harus menawarkan paket upah yang kompetitif disesuaikan dengan hasil kinerja & omset yang didapatkan. sehingga ini bisa menjadi cerminan bagaimana laundry owner mengapresiasi setiap individu karyawannya.

2. Membuat system bonus yang fair

Banyak karyawan laundry yang resign karena merasa pekerjaan yang mereka lakukan sudah banyak tapi kurang mendapat apresiasi dari laundry owner. Maka dari itu laundry owner bisa menerapkan system bonus ke pegawai. Dimulai dari penerapan target minimal pekerjaan hingga menerapkan besaran nilai bonus bonus untuk karyawan. Bsearan nilai bonus bisa dihiting dengan system kiloan, jam kerja ataupun omset yang didapat.

Untuk mempermudah laundry owner mendapatkan data yang akurat dalam kinerja karyawan, laundry owner bisa coba aplikasi bilas outlet, di aplikasi ini anada bisa memantau kinerja karywan, omset hingga absensi karyawan,

3. Perbaiki fasilitas di oulet laundry

Kenyamanan tempat kerja ternyata bisa menetukan betah atau tidaknya karyawan dalam bekerja di laundry. Sudahkan laundry owner mengecek kondisi tempat produksi laundry? Apakah di tempat produksi setrika sirkulasi udaranya sudah bagus?, apakah tempat produksi pencucian akses untuk bongkar muat cucian sudah sangat mudah? Dan apakah di laundry anda sudah ada fasilitas seperti dispenser & tempat beribadah?

Nyaman adalah kondisi dimana kita merasa diri kita dihargai, merasa aman, senang dan tidak ada beban pikiran. Kenyamanan perlu didapatkan setiap orang dalam setiap kegiatannya, karena bila tidak nyaman, sesuatu yang dikerjakan tidak akan menjadi maksimal hasilnya.

Harus diakui bahwa kenyamanan bekerja merupakan salah satu faktor penting dalam suatu factor utama yang mempengaruhi hasil kerja karywan laundry. Bisa di pastikan para pegawai laundry yang pekerjaannya bagus pasti merasakan nyaman di tempat krjanya, sehingga pegawai laundry tersebut bisa melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkannya atau bahkan melebihi ekspektasi laundry owner.

Sebelum lebaran laundry owner sebaiknya menambah fasilitas untuk kenyamanan kerja karyawan laundrynya.

4. Membuka komunikasi yang terbuka

Banyak karyawan laundry yang tidak mau memberi tahu perusahaannya terkait keputusan untuk resign. Sementara, ada juga sebagian karyawan yang tidak ingin merusak hubungan dengan perusahaannya, dan bahkan ada juga yang sudah tidak lagi menghargai perusahaannya.

Hal tersebut bisa membuat tingkat keluar masuk karyawan laundry menjadi tinggi dengan memastikan karyawan tetap nyaman untuk berbagi informasi dan kritik yang membangun dengan laundry. Jadi, sebaiknya perusahaan mendorong karyawannya untuk selalu terbuka.

Sebelum lebaran laundry owner bisa mengumpulkan karyawan untuk buka Bersama atau evaluasi dengan Bahasa yang ringan saja agar laundry owner bisa semakin dekat dengan karyawan, bisa mendapatkan informasi & keluh kesah karyawan

Banyak sekali laundry owner yang ingin punya karyawan yang loyal, hasil pekerjaanya bagus, dan mampu melayani pelanggan dengan baik. Untuk mendapatkan karyawan laundry yang seperti itu butuh proses yang tidak mudah. jika menghadapi kesulitan dalam membangun SDM laundry laundry owner bisa berkonsultasi dengan team kami untuk mendapatkan tips yang lebih mendalam mengenai pengelolaan SDM laundry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *