Kamu sedang memulai bisnis laundry atau kamu sudah menjalankan bisnis laundry?
Saat memulai bisnis laundry, sebagian pemilik laundry kerap dihadapkan dengan masalah-masalah yang menghambat proses laundry, mulai dari proses penerimaan, proses pencucian, proses packing, proses delivery, hingga manajemen karyawan.
Banyak pebisnis laundry yang akhirnya menyerah hanya karena manajemen laundry yang bermasalah. Padahal konsumen laundry sudah ada, lokasi laundry pun strategis & peralatan laundry sudah memadahi. Bagi anda yang pantang menyerah akan menyikapi dan menyelesaikan setiap masalah yang terjadi dalam bisnis laundry Anda dengan baik. Sebaliknya, jika kamu menyerah, kamu akan kesulitan untuk menghadapi masalah dan dapat menyebabkan laundry anda gulung tikar.
Untuk menghadapi masalah manajemen laundry, di era digital ini mulai banyak bermunculan aplikasi kasir, aplikasi manajemen produksi hingga aplikasi pengiriman. Semua aplikasi tersebut betujuan untuk mempermudah kinerja pemilik usaha.
Saat ini ada banyak aplikasi kasir laundry yang menyediakan berbagai layanan. Sebagai pengguna aplikasi kita harus bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis laundry anda. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih aplikasi manajemen laundry :
1. Sistem penerimaan dan pengambilan laundry
Sebagai calon pengguna aplikasi manajemen laundry, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sistem penerimaan dan pengambilan laundry yang sederhana namun detail. Mudah dalam penggunaan, dan detail dalam pemilihan jasa laundry, perhitungan, hingga ada catatan khusus untuk menghindari adanya kesalahan dalam proses pencucian hingga pengemasan pakaian pelanggan. Hal tersebut mempermudah Anda dan pegawai dalam melakukan penerimaan maupun pengambilan laundry, tidak ada lagi alasan ‘nota hilang’ karena semua sudah terctat dalam database Anda.

  1. Sistem penotaan yang mudah
    Setelah sistem penerimaan, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah sistem penotaan laundry yang ada di aplikasi tersebut. Semakin kesini, penggunaan nota tulis tangan mulai ditinggalkan dan digantikan dengan penotaan dengan model struk hingga nota digital yang bisa dikirim melaui aplikasi chat seperti Whatsapp. Selain menghemat penggunaan kertas, hal tersebut juga mampu menaikan pamor laundry Anda karena sistem penotaanya yang modern.
  2. Pembukuan laundry yang rinci
    Dalam sebuah bisnis, pembukuan merupakan hal yang sangat penting. Pembukuan bertujuan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran laundry, agar kita tahu posisi usaha yg sedang kita jalankan, apakah usaha ini untung, rugi atau lebih maju. Di aplikasi manajemen laundry kita akan sangat dimudahkan untuk membuat pembukuan. Karena seluruh transaksi laundry akan tercatat di aplikasi.
  3. Kinerja karyawan
    Karena laundry merupakan bisnis jasa, kinerja karyawan sangatlah penting untuk di perhatikan. Mulai dari absen, hingga pencapaian kerja harus tercatat secaraa rinci. Hal ini akan memudahkan kita untuk menentukan penggajian pegawai & mengevaluasi pegawai. Maka dari itu sangat diperlukan aplikasi manajemen laundry yang mencakup kinerja pegawai laundry.
  4. Proses laundry
    Beberapa konsumen sering menanyakan sampai dimana proses laundry, terkadang pemilik laundry akan kebingungan masih harus bertanya kepada pegawai soal proses laundry. Akan sangat membantu jika aplikasi manajemen laundry juga menginfokan proses laundry milik pelanggan. Nilai plus untuk laundry Anda karena bekerja dengan transparan.

Bukan hal yang mudah untuk memilih aplikasi manajemen laundry. Karena ada beberapa aplikasi berbayar yang tiba-tiba berhenti ditengah jalan, dan kita sudah membayar mahal. Tak mampu, mengadu karena hanya bisa komentar di kolom komentar playstore. BILAS Outlet hadir untuk mengatasi hal itu semua, aplikasi manajemen laundry berlangganan, dan khusus untuk Anda yang sudah mendownload aplikasi BILAS Outlet di Playstore, silahkan mencoba secara gratis dalam 14 hari. Untuk berlangganan bisa klik link dibawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *