PERALATAN LAUNDRY

Promosi Jitu Usaha Laundry

Persaingan di dunia laundry semakin ketat. Tidak perlu cemas dan putus asa karena sejatinya apa yang kita dapatkan adalah dari Tuhan, namun tentu juga harus kita upayakan. Maka pengusaha harus pandai dalam menentukan strategi bisnis agar bisa bersaing dengan sehat. Teknik pemasaran yang tepat memberikan hasil yang maksimal. Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan oleh pengusaha laundry? Berikut beberapa teknik  promosi jitu usaha laundry yang bisa di terapkan di laundry Anda.

Jadi berikut beberapa tips promosi jitu usaha laundry

1.     Menguatkan Brand

Jika kamu sudah membuat brand, cari cara agar brand atau nama laundrymu mudah diingat. Pastikan setiap orang atau konsumenmu langsung seketika ingat nama laundrymy jika mereka berfikir atau menyebut kata kata laundry. Beberapa contohnya seperti menyebar brosur ke lingkungan sekitar laundry, menempelkan poster atau pamflet luandrymu di papan informasi  lingkungan sekitar tempat usaha.

Inilah guna dari pemberian nama laundry yang mudah diingat dan mudah disebutkan. Seperti iklan di TV, orang lebih suka menyebut Rinso dari pada sabun cuci ketika mereka beli di warung atau di toko.

2.     Punya Medsos

Yang tak asing di semua kalangan adalah media sosial. Selain berguna untuk menjangkau orang-orang yang jauh darimu. Media sosial sekarang ini merupakan alat untuk berjualan, termasuk laundrymu. Jual brand laundrymu dengan upload promo laundry dan kegiatan laundry lainnya. Misal hasil pakaian yang sudah tercuci bersih, sudah terpacking di rak laundrymu, bisa kamu foto dan kemudian upload dengan caption menarik.

Manfaatkan medsos semaksimal mungkin, pilih foto atau video yang menarik untuk di upload. Membuat postingan postingan sederhana namun menarik membuat kesan laundrymu aktif dan selalu berinovasi. Mengundang keingintahuan konsumen perihal laundrymu.

3.     Gunakan Orang lain sebagai mediator promosi

Orang berpengaruh tak hanya hadir di dunia nyata saja, dunia maya pun seperti itu. Gunakan orang2 yang mempunyai reputasi baik dan punya banyak pengikut sebagai mediator promosi laundrymu. Atau orang lain dengan pertimbangan khusus yang bisa kamu jadikan mediator.

Orang lebih mudah percaya jika layanan yang di promosikan adalah layanan yang nyata sudah pernah dibuktikan orang. Jadi promosi dari mulut ke mulut tidak kalah efektif dari promosi lewat media sosial.

4.     Inovasi Layanan

Membuat media sosial atau promosi lewat media sosial juga merupakan sebuah inovasi. Beberapa inovasi lainnya misal tambah layanan khusus sesuai kebutuhan konsumen.

Konsumen keluarga beri layanan paket keluarga berencana, beri diskon atau sistem deposit untuk seluruh anggota keluarga setiap minggu. Misal dalam seminggu transaksi minimal 50kg free cuci bedcover. Atau kamu juga bisa membuat servis layanan dengan nama nama yang hits agar menarik konsumen laundrymu.

5.     Buat Diskon

Diskon atau potongan harga merupakan hal yang menggiurkan untuk konsumen. Teknik diskon sering berhasil digunakan untuk mengundang konsumen. Beberapa jenis diskon dibawah ini mungkin bisa kamu coba.

  • diskon tematik

maksud dari diskon tematik adalah diskon khusus di waktu tertentu, misal diskon kemerdekaan, diskon hari ibu dan lain lain.

  • diskon meber/ langganan

diskon member khusus untuk pelanggan lama dan ini adalah salah satu cara mengapresiasi langgan laundrymu.

  • diskon pelanggan pertama

beri diskon setiap hari untuk pelanggan pertama dengan minimal laundry 10 atau 15kg.

untuk mempermudah transaksi dengan diskon khusus, banyak pengusaha laundry menggunakan aplikasi kasir laundry untuk bertransaksi dengan konsumenya.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah perhitungan diskon dan mengetahui berapa banyak konsumen yang sudah mendapat diskon. Salah satu aplikasi kasir & manajemen laundry yang menyediakan fitur diskon adalah bilas outlet anda bisa mencoba memulai transaksi menggunakan aplikasi kasir laundry secara gratis selama masa trial sehingga tidak menambah pengeluaran promosi.

dari semua saran diatas tentunya perlu biaya khusus untuk melakukan promosi, untuk mendapatkan biaya tersebut biasanya para pengusaha menyisihkan 10% dari keuntungan bersihnya. Untuk laundry yang baru buka, anggaran 10% dari modal awal bisa digunakan untuk alokasi biaya promosi.

Gimana Sahabat? Menarik kan untuk diterapkan di laundrymu. Jika hal ini tidak berhasil dalam waktu yang sebentar, maka teruslah mencoba. Semua usaha memerlukan pengorbanan dan waktu yang tidak sebentar. Kalau hanya dalam waktu singkat dan sebentar nanti dikira mie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *