Pesaing Bisnis Laundry, Masalah atau Berkah??

Banyak pengusaha laundry yang bingung, takut sampai mati gaya jika ada PEsaing di dekat usaha laundry mereka. karena mereka binggung cara menghadapi Pesaing bisnis laundry

Stop! Jangan anggap remeh, tapi juga jangan khawatir, anggap saja penyemangat karena persaingan di dunia usaha adalah hal yang biasa. Jika tak ada problematika pasti usaha juga terasa lempeng lempeng aja. Nggak ada kata menyerah untuk selalu jadi yang terdepan.

Hadapi dengan senyuman dan coba tips dari kami.

1. Tingkatkan kualitas, jangan khawatir dengan harga.

Mau patok harga diatas pasaran nggak masalah kok, asal sama dengan kualitas yang kamu berikan ke konsumen laundrymu. Harga hanya patokan angka dari jasamu, selama jasamu memuaskan konsumen pasti akan balik lagi ke outletmu. Karena usaha jasa berfokus pada pelayanan, pelanggan akan bertahan maupun bertambah jika pelayanan di laundry kamu lebih baik dari laundry pesaing.

jika pelanggan mulai beralih ke laundry pesaing sudah saatnya tinjau ulang proses lauandry & pelayanan laundry kamu, mulai dari penerimaan, pencucian, setrika, finishing, hingga pengantaran. jika ada yang masih kurang baik dibanding pesaing, segera perbaiki.

2. Berpikir kreatif

Berpikir kreatif adalah keharusan. Akal pikiran kita harus digunakan demi kebaikan usahamu, walaupun kadang kreatifitas tak bisa datang di waktu yang tepat. Maka dari itu kamu harus menyiapkan jauh-jauh hari untuk momen momen tertentu. jangan sampai kita kalah kreatif dengan pesaing.

Bisnis laundry jangkauanya sangat luas. Kamu bisa men-update layanan yang sudah ada dengan yang lebih menarik atau buat layanan baru untuk laundrymu. Jika sebelumnya kamu hanya menerima laundry kiloan, kamu bisa bikin layanan satuan berupa cuci sepatu, cuci tas, hingga cuci karpet dan sofa.  selain itu kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan asrama, kos, pondok pesantren, konveksi hingga hotel hotel kecil untuk memperluas pemasaranmu.

3. Coba Sesuatu yang baru

Coba sesuatu yang baru yang belum pernah kamu lakukan. karena sifat dari konsumen adalah mencari kemudahan, menghindari kesusahan dan mengikuti perkembangan jaman, kamu juga harus ikut berkembang.

Pakai manajemen laundry yang berbeda misalnya. Jika sebelumnya kamu berkutat dengan manajemen laundry yang konvensional. Sekarang saatnya kamu beralih dengan manajemen yang lebih modern. Gunakan aplikasi manajemen untuk laundrymu, pilih aplikasi manajemen khusus laundry yang lengkap dan nggak ribet. Keuntungan menggunakan aplikasi manajemen selain hemat nota, pencatatan sudah bisa kamu lihat secara detail dan semua tersimpan rapi walaupun kamu harus ganti perangkat sekalipun.selain itu kamu bisa coba membuat layanan antar jemput sistem online berbasis aplikasi.

4. Beri pelanggan promo agar tidak pergi

Salah satu hal yang mengikat konsumen adalah pelayanan, termasuk harga khusus langganan atau promo dalam periode tertentu. Atau beri bonus kesetiaan, seperti tas laundry untuk langganan yang kamu beri secara cuma cuma. buat pelanggan semakin nyaman bertransaksi dengan kamu, berikan seseuatu yang berkesan mskipun tidak mahal.

5. Boleh kok menjalin komunikasi dengan pesaing

boleh kok menjalin komunikasi dengan pesaing bahkan sampai bikin paguyuban, tapi ingat kalian adalah pemilik bisnis model yang sama di wilayah yang sama. tetap jaga privasi laundrymu, ambil baiknya saja, sebaik apapun pertemanan tetap saja ada unsur persaingan usaha. karena disisi lain ada bisnis yang harus kamu jaga, petahankan & dimajukan.

 

Kalo hanya panik dan cemas, itu bukan sebuah solusi untuk menghadapi pesaing bisnis laundry. Solusi nyata untuk mengatasinya adalah dengan aksi dan usaha keras. Beberapa tips diatas tidak bisa berdampak tanpa ada konsistensi dan ketekunan.
Selamat mencoba Sahabat, semoga laundrymu makin laris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *